Mengapa Pelangi Selalu Terlihat Melengkung ?

pelangi 1

Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu. Banyak orang tahu bahwa pelangi tersusun dari gugusan warna tersebut, nampak melengkung indah di awan biru dengan udara sejuk setelah turun hujan sejenak bisa mengusir resah yang ada, namun pernahkah bertanya-tanya kenapa pelangi tersebut melengkung tidak berbentuk bulat atau lainnya saja hingga mungkin akan nampak lebih indah?

Mulanya titik-titik hujan dari sisa yang telah dijatuhkan ke bumi akan membiaskan cahaya yang tampak, dari cahaya tersebut akan muncul lagi tujuh warna lain seperti yang telah disebutkan diatas yakni Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu yang berawal dari terpisahnya cahaya putih yang dibuat oleh cahaya tampak.

Tahukah kamu, bahwa pelangi yang selama ini kita lihat ternyata sebenarnya mempunyai syarat-syarat agar bisa menampakkan dirinya yang anggun di hadapan manusia? Syarat inilah yang mendasari mengapa pelangi selalu terlihat melengkung, yaitu pelangi hanya bisa dilihat pada sudut sekitar 40 derajat bila tidak dalam sudut ini bisa dipastikan rona-rona indah warna pelangi tidak dapat dinikmati. Syarat lainnya sehingga bisa melihat pelangi yakni diri kita harus berada membelakangi sumber cahaya, sumber cahaya yang dimaksudkan yaitu matahari.

Bentuk bumi yang cenderung bulat dan hanya sebagian yang terkena cahaya matahari juga dianalogikan mempengaruhi bentuk pelangi yang melengkung karena cahaya matahari hanya melewati air yang ada di sebagian sisi bumi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s