Tujuan Musang Mengeluarkan Bau Apa Yah ?

luwak

Musang bertubuh sedang, dengan panjang total sekitar 90 cm (termasuk ekor, sekitar 40 cm atau kurang). Abu-abu kecoklatan dengan ekor hitam-coklat mulus.

Sisi atas tubuh abu-abu kecoklatan, dengan variasi dari warna tengguli (coklat merah tua) sampai kehijauan. Jalur di punggung lebih gelap, biasanya berupa tiga atau lima garis gelap yang tidak begitu jelas dan terputus-putus, atau membentuk deretan bintik-bintik besar. Sisi samping dan bagian perut lebih pucat. Terdapat beberapa bintik samar di sebelah tubuhnya.

Wajah, kaki dan ekor coklat gelap sampai hitam. Dahi dan sisi samping wajah hingga di bawah telinga berwarna keputih-putihan, seperti beruban. Satu garis hitam samar-samar lewat di tengah dahi, dari arah hidung ke atas kepala.Hewan betina memiliki tiga pasang puting susu.

Sama seperti walang sangit, hewan bernama musang juga mengeluarkan bau yang khas. Seperti apa baunya? Kenapa musang harus mengeluarkan bau?

Musang mengeluarkan bau karena untuk memberi tahu dan menunjukkan daerah kekuasaannya agar musang yang lain tidak menempati daerah tersebut.

Musang mengeluarkan bau biasanya pada malam hari. Perilaku musang tersebut hampir sama dengan anjing, bedanya kalau anjing menandainya dengan mengeluarkan kencing.Musang termasuk hewan mamalia pemakan daging. Di beberapa daerah musang dianggap pengganggu karena sering makan hewan peliharaan seperti ayam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s